Kamis, 27 Juni 2019

SKI kelas 7 Khulafaur Rasyidin


SKI DI MTs KELAS VII TENTANG KHULAFAURRASYIDIN

KHULAFAURRASYIDIN

Khulafaurrosyidin merupakan gabungan dari dua kata yaitu khulafa dan Rosyidin. Menurut bahasa Khulafaadalah jamakdari kata khalifah artinya pengganti. Sedangkan Ar Rosyidiin  adalah jamak dari Ar Rosyid yang artinya orang yang mendapat petunjuk. Maka  khulafaurrosyidiin berarti para pengganti yang mendapat petunjuk.
khulafaurrosyidin memiliki pengertian para penganti dan penerus kepemimpinan Islam setelah wafat Rosulullah saw. Istilah khulafaurrosyidin diberikan kepada para shahabat yang yang terpilih menjadi pengganti Rosulullah saw setelah wafat dan bukan sebagai nabi atau Rosul. Masa khulafaurrosyidiin termasuk generasi terbaik setelah zamanRosulullah seperti hadits Nabi Muhammaad tentang sebaik-baik zaman.

Khulafaurrosyidin terdiri dari 4 khalifah, yaitu Abu Bakar Ash Shiddiq, Umar bin Khattab, Ustman Bin Affan, dan Ali Bin Abi Thalib.
A. Profil Abu Bakar Ash Shidiq
Abu Bakar  adalah gelar yang diberikan setelah masuk Islam. Nama seblum Islam adalah Abdul Ka’bah. Nama aslinya Abdullah bin Abu Quhafah keturunan bani Taim bin Murrah bin Ka’ab bin Lu’ay bin Kal Al Quraisy. Beliau lahir pada tahun ke-2 dari tahun gajah atau dua tahun lebih muda dari Nabi Muhammad saw.
Abu Bakar memiliki budi pekerti yang baik dan terpuji. Di kalangan bangsawan Qurasy, beliau dikenal dengan sosok yang ulet dan jujur. Beliau merupakan pedagang yang kaya raya. Beliau berdagang dengan jujur sehingga orang-orang tertarik untuk membeli barangnya. Sikap jujurnya hingga beliau mesuk terbawa Islam.
Sejak Usia muda, Abu Bakar memiliki ikatan persahabatan yang kuat dengan Nabi Muhammad saw. Ketika Nabi Muhammad diangkat menjadi nabi dan rosul dengan menerima wahyu pertama, Abu Bakar merupakan orang dewasa pertama masuk Islam.
Beliau mendapat gelar ash-shidiq atau orang jujur terpercaya karena beliau orang pertama mempercayai peristiwa perjalanan Nabi Muhammad  dari Mekkah ke Baitul Maqdis di Yerusalem, dilanjutkan dengan perjalann dari Baitul Maqdis ke sidrotulmuntaha dalam waktu semalam. Peristiwa tersebut dikenal dengan peristiwa Isra’ dan Mi’raj. Sebagaimana ketika pagi hari setelah malam Isra Mi’raj, orang-orang kafir berkata kepadanya: ‘Teman kamu itu (Muhammad) mengaku-ngaku telah pergi ke Baitul Maqdis dalam semalam’.
Beliau menjawab “ Jika ia berkata demikian, maka itu benar”
Allah Ta’ala pun menyebut beliau sebagai Ash Shiddiq:

وَالَّذِي جَآءَ بِالصِّدْقِ وَصَدَّقَ بِهِ أُوْلَئِكَ هُمُ الْمُتَّقُونَ {33}
dan orang yang membawa kebenaran (Muhammad) dan membenarkannya, mereka Itulah orang-orang yang bertakwa.(QS. Az Zumar: 33)

Tafsiran para ulama tentang ayat ini, yang dimaksud “orang yang datang membawa kebenaran” (جَاء بِالصِّدْقِ) adalah Nabi Muhammad saw dan yang dimaksud “orang yang membenarkannya”  (صَدَّقَ بِهِ) adalah Abu Bakar RA.
Beliau juga dijuluki Ash Shiddiq karena beliau adalah lelaki pertama yang membenarkan dan beriman kepada Nabi Muhammad saw. Nabi saw  telah menamai beliau dengan Ash Shiddiq sebagaimana diriwayatkan dalam Shahih Bukhari:

عن أنس بن مالك رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم صعد أُحداً وأبو بكر وعمر وعثمان ، فرجف بهم فقال : اثبت أُحد ، فإنما عليك نبي وصديق وشهيدان
Artinya : “Dari Anas bin Malik Radhiallahu’anhu bahwa Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam menaiki gunung Uhud bersama Abu Bakar, Umar dan ‘Utsman. Gunung Uhud pun berguncang. Nabi lalu bersabda: ‘Diamlah Uhud, di atasmu ada Nabi, Ash Shiddiq (yaitu Abu Bakr) dan dua orang Syuhada’ (‘Umar dan ‘Utsman)”
Selama di Mekkah, Perannan beliau sangat besar untuk membantu Nabi Muhammad menyebarkan Islam. Lewat dakwah beliau, ada beberapa dari kalangan bangsawan Quraisy yang masuk Islam seperti Utsman bin Affan, Zubair bin Awwam, Abdurrahman bin Auf, sa’ad bin Abi Qaqqash, Thalhah bin Ubaidillah, Abu Ubaidillah bin Jarrah, Al Arqam bin Abi Al Arqam.
Abu Bakar menguarkan harta bendanya dengan tulus untuk membantu perjuangan dan kejayaan Islam. Beliau rela mengorbankan harta dan jiwanya untuk kepentingan penyebaran Islam dan membela Umat Islam.
Dalam salah satu riwayat Abu Bakar memiliki kekayaan sebesar 40.000 dirham. Tapi setelah masuk Islam kekayaan belaiu berkurang menjadi 5.000 dirham. Kaena sebagian besar hartanya beliau berikan kepada fakir miskin dan menolong perjuangan Islam.
Abu Bakar mendampingi Nabi Muhammad saw dalam suka dan duka. Beliau melindungi Nabi Muhammad saw dari ejekan dan rencana pembunuhan kafir Quraisy. Beliau selalu setia mendampingi nabi Muhammad saw dimanapun dan kapanpun.
Pada saat Nabi Muhammad sakit dan menjelang wafatnya Nabi Muhammad, Abu Bakar sering menggantikan nabi Muhammad saw menjadi Imam Shalat. Ketika Nabi Muhammad wafat, Kaum Anshar mengadakan musyawarah di Saqifah Bani Sa’ad. Mereka membicarakan sosok pemimpin yang akan menggantikan Nabi Muhammad saw. Mereka sepakat memilih Abu Bakar sebagai khalifah atau pengganti Nabi Muhammad.
Para Shahabat membaiat Abu Bakar Ash-Shidiq. Ali bin Abi Thalib terlambat membait Abu Bakar karena beliau sibuk mengurus jenazah Nabi Muhammad saw.
Abu bakar memimpin umat Islam selama 2 tahun.



Selamat belajar ...


SKI Kelas 7 rangkuman bab Bani Umayyah

SKI DI MTs KELAS VII RANGKUMAN BAB IV






Dinasti Bani Umayyah


Dinasti Bani Umayah berasal dari nama Umayah bin Abdi Syams bin Abdul Manaf, seorang pemimpin suku Quraisy di zaman Jahiliyah. Khalifah pertama yaitu Muawiyah bin Abu Sufyan. Beliau masuk Islam ketika fahtul Makkah. Dia menjadi khalifah secara total setelah Hasan bin Abi Bin Abi Thalib menyerahkan khilafahnya. Beliau memindahkan ibukota Bani Umayah dari Madinah ke Syiria.



Masa Pemerintahnya, Khalifah Muawiyah bin Abu Sufyan memberlakukan sistem Monarki yaitu sistem kekuasaan turun menurun. Sistem ini mengadopsi dari sistem monarki di  Persia dan Bizantium. Sistem ini menghapus sistem Demokrasi. Muawiyah mengangkat anaknya, Yazid bin Muawiyah sebagai putra mahkotanya.



Dinasti Bani Umayah berkuasa selama 90 tahun dan dipimpin oleh 14 khalifah yaitu Muawiyah bin Abu Sufyan, Yazid bin Muawiyah, Muawiyah bin Yazid, Marwan bin Hakam, Abdul Malik bin Marwan,  Walid bin Abdul Malik, Sulaiman bin Abdul Malik, Umar bin Abdul Azis, Yazid bin Abdul Malik, Hiisyam bin Abdul Malik, Walid bin Yazid bin Abdul Malik, Yazid bin Walid bin Abdul Malik, Ibrahim bin Walid bin Abdul Malik, Marwan bin Muhammad bin Marwan.



Kemunduran Dinasti Bani Umayah karena Perang antara kelompok Arab Utara dan Arab selatan,  Ketidak puasan Islam non Arab, adanya konflik diawal berdiri Dinasti bani Umayah, sistem monarki yang tidak disetujui, hidup mewah para pejabat, dan munculnya gerakan keturunan Abbas bin Abdul Mutholib.



Umar bin Abdul Azis bernama lengkap Nama lengkapnya Umar bin Abdul Aziz bin Marwan bin Al-Hakam bin Abu Al-Ash bin Umayyah bin Abd Syams bin Manaf. Lahir di Madinah tahun 61 H di masa Khalifah Yazid bin Muawiyah. Ayahnya, Abdul Azis adalah seorang gubernur. Ibunya adalah Laila binti Ashim bin Umar bin Khattab. Istrinya adalah fatimah binti Abdul Malik bin Marwan, Khalifah kelima bani Umayah.



beberapa kebijakan dalammasa pemerintahan Umar bin Abdul Azis antara lain menghapus cacian terhadap Ali bin Abi Thalib dan pengikutnya, mengembalikan harta yang bukan haknya, memecata pegawai yang tidak cakap dan menyelewengkan kekuasaannya, menghapus pengawal pribadi, memfokuskan pelayanan rakyat miskin, membangkitakna semangat keislaman, menterjemahkan buku-buku asing, mengirim para ulama dan pendakwah ke daerahd-aerah, menghapus bayaran jizyah bagi orang non muslim, dan memintah mengumpulkan hadits Nabi saw.



kepribadian Umar bin Abdul Azis adalah rasa taku kepada Allah, wara terhadap dunia, Zuhud dari kehidupan dunia, Tawadhu, adil dan sabar.









Semoga bermanfaat,

Semangat selalu belajarnya dan doa jangan lupa ..